Hadir di Podcast AM Hendropriyono, Bamsoet Sebut Sistem Demokrasi Langsung Harus Dikaji Kembali

Felldy Utama ยท Sabtu, 22 Januari 2022 - 20:40:00 WIB
Hadir di Podcast AM Hendropriyono, Bamsoet Sebut Sistem Demokrasi Langsung Harus Dikaji Kembali
Ketua MPR Bambang Soesatyo hadir dalam Podcast AM Hendropriyono (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id  - Banyak kepala daerah terjerat kasus korupsi dan tertangkap oleh KPK. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut fenomena itu berhubungan dengan sistem demokrasi langsung.

"Sistem demokrasi langsung yang saat ini diterapkan dalam pemilihan kepala daerah, pusat dan legislatif sudah saatnya dikaji kembali. Perlu ditelaah lebih dalam apakah sistem demokrasi langsung tersebut lebih banyak memberikan manfaat atau justru lebih banyak mudaratnya," ujar Bamsoet, Sabtu (22/1/2022).

Bamsoet menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan  Mantan Kepala BIN yang juga dikenal sebagai Master Intelijen Indonesia Jenderal TNI AD (Purn) Hendropriyono di Studio Podcast 'Kilat' miliknya di Jakarta, Sabtu.

Sistem pemilihan langsung dalam pemilihan pimpinan daerah, pusat ataupun legislatif dinilai sangat rentan dengan money politic dan biaya tinggi. Apabila sistem pemilihan langsung terus pertahankan, bukan tidak mungkin demokrasi di Indonesia hanya berkutat pada rupiah. Bukan lagi berdasarkan aspirasi rakyat. 

"Sistem demokrasi langsung yang dianut oleh bangsa Indonesia sangat berpotensi menggiring orang untuk terjerat dalam tindak korupsi. Karena saat maju dalam pemilihan kepala daerah, pusat atau legislatif, memerlukan biaya yang tinggi," kata Bamsoet. 

Dia mendorong kalangan akademisi dan KPK melakukan kajian pelaksanaan sistem demokrasi langsung yang selama ini telah diberlakukan. Tidak tertutup kemungkinan hasil kajian tersebut menyimpulkan perlunya perubahan sistem demokrasi di Indonesia.

"Terpenting, perubahan yang terjadi harus membawa sistem demokrasi Indonesia lebih baik kedepannya. Kita semua tentu tidak ingin sistem demokrasi Indonesia ke depan terus berdasarkan NPWP, nomor piro wani piro," kata Bamsoet.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: