Hadiri Job Fair, Sandi Berbagi Tips Melamar Kerja Zaman Now

Felldy Utama ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 18:55 WIB
Hadiri Job Fair, Sandi Berbagi Tips Melamar Kerja Zaman Now

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri pameran bursa kerja (job fair) yang digelar di Mall Metro Cipulir, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018).

JAKARTA, iNews.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri pameran bursa kerja (job fair) yang digelar di Mall Metro Cipulir, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018). Dalam kesempatan itu, Sandi memberikan sejumlah tips kepada para pelamar yang hadir.

Menurutnya, era perkembangan teknologi atau kerap disebut zaman now, pelamar tidak perlu membawa map kertas yang berisikan portofolio. Pelamar hanya perlu membuat curriculum vitae (CV) dengan format elektronik.

"Yang pakai kertas itu sekarang sudah zaman old. Jangan bawa map yang sudah lecek itu, sudah enggak zaman. Zaman now semua ditaruh dalam gadget," ujar Sandi, di acara job fair, di Mall Metro Cipulir, Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu menyarankan agar para pelamar terlebih dahulu meriset perusahaan akan dituju. Jangan sampai hanya sekadar melamar saja tanpa menyesuaikan dengan kompetensi diri dan latar belakang pendidikan.

BACA JUGA:

Jokowi Minta Pengusaha Tionghoa Jangan Ragu Berinvestasi di Indonesia

Para Perajin Sepatu Bogor Keluhkan Persaingan Tak Sehat kepada Sandi

Selain itu, pelamar disarankan membuat akun pencari kerja pribadi secara online. Upaya ini lebih memudahkan para pelamar untuk memasukkan rekam jejaknya agar bisa dilihat oleh perusahaan.

"Yang terpenting buat akun online jobs. Banyak sekarang ada Linked In maupun yang lain itu kita buat saja. Kita harus punya karena pasti akan ditanya dan itu bisa dimasukkan track record kita," ucapnya.

Tips berikutnya, kata dia pelamar menyiapkan diri dengan istirahat yang cukup. Kondisi tubuh yang baik akan berpengaruh saat pelamar mendatangi jobnfair.

"Jangan sampai datang ke sini ngantuk. Usahakan paginya olahraga dulu supaya segar, makannya cukup pagi-pagi, kalau perut lapar kelihatan muka kita enggak segar," katanya.


Editor : Kurnia Illahi