Hadiri Sidang Sengketa Pilpres di MK, Begini Posisi Pihak Jokowi-Ma'ruf

Felldy Utama ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 09:13 WIB
Hadiri Sidang Sengketa Pilpres di MK, Begini Posisi Pihak Jokowi-Ma'ruf

Ketua Tim Kuasa Hukum Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra di MK, Jakarta, Jumat (14/6/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Tim Kuasa Hukum pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin(Jokowi-Ma'ruf) Amin bersama sejumlah tim pendamping dari Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Jokowi-Ma'ruf tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka tiba sekitar pukul 08.26 WIB.

Berdasarkan pantauan iNews.id, rombongan dipimpin Ketua Tim Kuasa Hukum Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra. Bersama anggota tim kuasa hukum lainnya, Yusril terlihat menggunakan toga berwarna hitam yang dipadukan dengan dasi putih yang berada di lingkar lehernya.

BACA JUGA:

MK Gelar Sidang Pendahuluan Sengketa Pilpres 2019 Gugatan Prabowo-Sandi Hari Ini

KPU Beri Jawaban atas Petitum Gugatan Pilpres Kubu Prabowo di MK

Bawaslu Serahkan Keterangan Terkait Sengketa Pilpres 2019 Setebal 151 Halaman

Dia menyebutkan, dalam sidang perdana gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 ini, pihaknya hanya dalam posisi mendengarkan pokok-pokok permohonan yang disampaikan pemohon dalam hal ini Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

"Jadi hari ini kami akan mendengarkan keterangan pembacaan permohonan dari pemohon," kata Yusril, di Gedung MK, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Kendati demikian, dia mengatakan, sebagai pihak terkait memungkin bagi pihaknya menyampaikan pernyataan apabila hakim MK mempersilahkan hal tersebut.

"Kami menyimak, kalau ada dialog ya kita akan dialog. Kalau ada debat, ya kita debat. Sebenarnya kami tahu bahwa jadwal kami memberikan keterangan baru nanti tangal 17," ujarnya.

Tak hanya tim kuasa hukum, sejumlah pendamping dari pihak TKN Jokowi-Ma'ruf juga turut hadir di belakangnya. Nampak hadir sejumlah Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai pengusung dan pendukung paslon petahana ini.

Sebut saja, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen Nasdem Jhonny G Plate, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, dan juga Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

Berdasarkan agenda yang telah ditentukan MK, sidang perdana gugatan PHPU Pilpres 2019 akan digelar sekitar pukul 09.00 WIB.


Editor : Djibril Muhammad