Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid, Fadli Zon: Allahu Akbar

Riezky Maulana ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:10 WIB
Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid, Fadli Zon: Allahu Akbar

Politikus Partai Gerindra Fadli Zon. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id – Dewan Negara Turki mengumumkan perubahan fungsi situs warisan dunia Hagia Sophia kembali menjadi masjid. Perubahan ini menuai kontroversi, baik di Turki maupun dunia.

Sejumlah kalangan mengapresiasi keputusan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun, tidak sedikit yang mengkritik keras perubahan fungsi bangunan bersejarah dari museum menjadi tempat ibadah umat Islam itu.

Politikus Partai Gerindra Fadli Zon turut mengomentari isu Hagia Sophia ini. Orang dekat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu mengicaukan ulang tweet akun Ottoman Record yang mengabarkan tentang keputusan Turki tersebut.

Dalam cuitannya, akun ini menyebutkan semangat Ottoman telah dihidupkan kembali oleh orang-orang Turki. “Allahu Ekber! What a time to be alive in!,” ucapnya dikutip Sabtu, (11/7/2020).

Fadli Zon tampak bergelora mengicaukan ulang tweet tersebut dan mengomentarinya. “Allahu Akbar!,” kata Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR ini.

Hagia Sophia atau dalam Bahasa Turki disebut Ayasofya, pertama kali dibangun sebagai gereja Kristen Ortodoks antara 532 dan 537 M di bawah Kaisar Justinian I. Bangunan itu dianggap sebagai karya arsitektur Bizantium yang paling penting.

Setelah penaklukan oleh Kesultanan Usmani atas Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada 1453, Hagia Sophia diubah menjadi masjid. Namun, oleh rezim Mustafa Kemal Ataturk, bangunan itu dijadikan museum pada 1935. Peristiwa itu terjadi 12 tahun setelah Republik Turki yang sekuler berdiri pada 1923.

Hagia Sophia masuk dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO pada 1985. Menyusul keputusan Dewan Negara Turki pada Jumat (10/7/2020) ini, status Hagia Sophia secara resmi telah berubah dari museum menjadi masjid.

Editor : Zen Teguh