Hasto Diperiksa terkait Kasus PAW Caleg PDIP, KPK Dalami Rekaman Percakapan 4 Tersangka

Riezky Maulana ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 06:30 WIB
Hasto Diperiksa terkait Kasus PAW Caleg PDIP, KPK Dalami Rekaman Percakapan 4 Tersangka

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto: iNews.id/ Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami bukti alat eletronik melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto terkait kasus suap yang melibatkan Harun Masiku. Bukti alat elektronik tersebut didapatkan KPK saat operasi tangkap tangan (OTT) Rabu (8/1/2020).

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, Hasto dikonfirmasi mengenai beberapa percakapan dalam rekaman elektronikt tersebut. Dikonfirmasi mengenai percakapan itu, dia enggan mengungkapkan.

"Mengenai detailnya tentu tidak bisa kami sampaikan, tetapi nanti di persidangan akan dibuka seluas-luasnya oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU)," ujar Ali di Gedung KPK, Rabu (26/2/2020) malam.

Menurutnya, KPK dalam pemeriksaan KPK mengonfirmasi mengenai percakapan antara 4 tersangka dalam kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) Caleg PDIP.

"Jadi itu ada barang bukti elektronik yang ditemukan oleh KPK dan ada isinya. Nah, itu lah isinya yang kami konfirmasi," ucapnya.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan 4 tersangka. Dua di antaranya merupakan Caleg PDIP 2019 Harun Masiku dan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

KPK telah menahan 3 dari 4 tersangka. Sementara Harun Masiku belum diketahui keberadaannya dan telah dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO).


Editor : Kurnia Illahi