Hasto Kristiyanto Dipanggil Lagi oleh KPK

Rizki Maulana ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 11:06 WIB
Hasto Kristiyanto Dipanggil Lagi oleh KPK

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto saat memenuhi panggilan KPK, Jumat (24/1/2020). (Foto: iNews.id/Rizki Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengagendakan pemeriksaan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto hari ini, Rabu (26/2/2020). Hasto akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menjerat Caleg PDIP Harun Masiku.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan Hasto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. Sebelumnya Hasto memenuhi panggilan KPK pada 24 Januari 2020.

"Hari ini jadwal pemeriksaan Pak Hasto Kristiyanto sebagai saksi untuk Wahyu Setiawan (WS)," ujar Ali ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Selain Hasto, dalam penyidikan perkara ini, KPK juga memanggil satu orang saksi lain, yakni Nurhasan. Nurhasan disebut oleh KPK sebagai unsur swasta.

Dalam pemeriksaan sebelumnya Hasto mengaku dicecar penyidik KPK terkait dugaan suap yang menyeret nama Harun Masiku. Hasto mengatakan tak tahu soal itu. Dia mengklaim partai berlambang banteng itu telah mengingatkan kadernya untuk tidak menyalahgunakan kekuasaan dan melanggar hukum.

"Partai telah menegaskan berulang kali melalui surat edaran untuk tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan, apalagi tindakan yang melanggar hukum," ujar Hasto di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Editor : Rizal Bomantama