Hujan Lebat Diprediksi Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia, Ini Penyebabnya

Antara · Minggu, 03 Juli 2022 - 08:20:00 WIB
Hujan Lebat Diprediksi Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia, Ini Penyebabnya
BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia diguyur hujan lebat hari ini, Minggu (3/7/2022). (Foto: MPI/Cahya Sumirat)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah tempat di Indonesia diguyur hujan lebat hari ini, Minggu (3/7/2022). Hujan lebat berpotensi disertai kilat dan angin kencang.

BMKG menyebut daerah yang berpotensi dilanda hujan lebat yaitu Aceh, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Informasi BMKG juga menyebutkan daerah konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia barat Lampung-Bengkulu, dari Laut Jawa hingga perairan timur Lampung, dari perairan Kepulauan Sangihe hingga Laut Sulawesi, dari Laut Banda hingga pesisir timur Sulawesi Tenggara.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Arafuru hingga perairan Kepulauan Kai, dari Papua hingga Teluk Cendrawasih, dan dari perairan selatan Biak hingga perairan Raja Ampat bagian utara.

BMKG memprakirakan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda