HUT Bhayangkara ke-74, Mahfud MD: Polri Harus Terus Terbuka terhadap Kritik

Felldy Utama ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 14:15 WIB
HUT Bhayangkara ke-74, Mahfud MD: Polri Harus Terus Terbuka terhadap Kritik

Menko Polhukam Mahfud MD menggelar pemotongan tumpeng bagi anggota Polri yang bertugas di Kemenko Polhukam dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-74, Senin (1/7/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Institusi Polri yang hari ini, Senin (1/7/2020) menginjak usia ke-74 diminta untuk terus terbuka terhadap kritik sebagai masukan yang membangun. Pesan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud menggelar pemotongan tumpeng di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-74. Tumpeng tersebut dikirim oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

"Polri harus terus terbuka terhadap kritik, masyarakat juga jangan berhenti memberi kritik dan masukan untuk Polri," kata Mahfud.

Menurutnya Polri bersama TNI memiliki fungsi yang sangat penting bagi negara. Masukan dan kritikan harus diterima Polri sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara demi utuhnya NKRI.

Mahfud mengatakan negara bisa bubar tanpa keberadaan Polri dan TNI. Ancaman keamanan bisa terjadi di mana-mana bila institusi Polri rusak.

"Bayangkan kalau satu negara, polisi dan tentaranya berhenti selama setengah jam saja, negara bisa bubar. Segenap keluarga besar Kemenko Polhukam menyampaikan selamat HUT Bhayangkara ke-74, terus lah meningkatkan pengabdian kepada nusa dan bangsa," ucap mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Dua anggota Polri yang bertugas di Kemenko Polhukam dan menerima tumpeng dari Mahfud yaitu Brigadir Iman Nurjaman dan Bripda Agustina Pawestru. Tumpeng juga diberikan kepada Irjen Pol Widiyanto Poesoko, staf ahli Kemenko Polhukam.

Editor : Rizal Bomantama