Identifikasi Pelaku Teror Bom Rumah Ketua KPK, Polri Buat Sketsa Wajah

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 18:38 WIB
Identifikasi Pelaku Teror Bom Rumah Ketua KPK, Polri Buat Sketsa Wajah

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id – Penyelidikan teror bom di rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memasuki babak baru. Polisi akan membuat sketsa wajah terduga pelaku berdasarkan keterangan saksi.

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, penyidik telah memeriksa enam saksi terkait teror bom di rumah ketua KPK. Yakni dua saksi dari kepolisian yang mengamankan tas hitam yang diduga berisi bom, ketua RT, penjual bubur, dan dua orang pekerja di rumah Agus.

Dari keenam orang yang diperiksa tersebut, Dedi menuturkan, keterangan saksi penjual bubur sangat relevan. Sebelum kejadian, sempat ada orang tak dikenal menanyakan rumah Ketua RT.

“Untuk yang penjual bubur dari Indonesia Automatic Finger Print Identification System (Inafis) Polri akan memanggil ahli sketsa wajah. Karena dari keterangan yang bersangkutan, sebelum kejadian ada orang yang menanyakan rumah pak RT,” kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (11/1/2019).

BACA JUGA: Jokowi Perintahkan Kapolri Tito Usut Tuntas Teror Bom Pimpinan KPK

Menurut Dedi, jika gambar sketsa sudah selesai, nanti dimasukan ke Labfor. Selanjutnya, digambar ulang secara digital.

“Kita punya peralatan yang cukup canggih, digital ya, akan mencoba menggambar sketsa wajah dalam bentuk digital,” tutur dia.

Dedi berharap, pelaku dapat cepat terungkap usai membuat sketsa wajah tersebut. Pasalnya, polisi akan mudah mengungkap setelah dapat dicocokan dengan foto yang ada di e-KTP.

“Kalau bisa dicocokan dengan foto di KTP El itu nanti akan cepat,” ucap Dedi


Editor : Khoiril Tri Hatnanto