IJTI Siap Tanggung Biaya Tes Swab Jurnalis TV

Felldy Utama ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 23:20:00 WIB
IJTI Siap Tanggung Biaya Tes Swab Jurnalis TV
Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Yadi Hendriana. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mendesak perusahaan media wajib mengutamakan keselamatan para jurnalis dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu bentuknya dengan melakukan serangkaian tes.

Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana menyatakan, pihaknya siap menanggung biaya Swab Test (tes usap) untuk para jurnalis sebagai bentuk perlindungan di tengah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

"Jika perusahaan tidak menanggung biaya PCR test (swab) bagi jurnalis televisi yang hasil rapid test-nya reaktif, IJTI akan menanggung biayanya," katanya dalam keterangan di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Berdasarkan data yang dikumpulkan IJTI, Yadi mengatakan, saat ini sudah ada 96 jurnalis dan pekerja media eletronik yang dinyatakan positif Covid-19. "Jumlah itu ada kemungkinan bertambah," ucapnya.

Yadi menuturkan, pihaknya juga membentuk Satgas Covid-19 khusus para jurnalis (Satgas Covid-19 IJTI). "Satgas Covid-19 IJTI akan menerima pengaduan para jurnalis televisi yang terindikasi terpapar virus Covid-19," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad

Bagikan Artikel: