Imigrasi Susun Rencana Bawa Harun Masiku Kembali ke Indonesia

Antara ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 06:07 WIB
Imigrasi Susun Rencana Bawa Harun Masiku Kembali ke Indonesia

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Surat permintaan pencegahan ke luar negeri terhadap Harun Masiku dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dinilai akan memudahkan pemulangan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu ke Indonesia. Saat ini Harun Masiku telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) calon anggota legislati (caleg) PDIP.

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie mengatakan, sedang berupaya membawa Harun Masiku kembali ke Indonesia. Apa saja rencana yang dilakukan untuk membawa Harun Masiku, dia enggan mengungkapkan.

"Bagaimana proses dan taktiknya? Tentu itu menjadi informasi yang dikecualikan dan nanti kami akan informasikan lebih lanjut," ujar Ronny Gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta, Selasa (14/1/2020).

BACA JUGA:

Ditjen Imigrasi Terima Surat Permintaan Pencekalan Harun Masiku dari KPK

Demo Desak Anies Mundur, Dewi Tanjung: Presiden Saja Bisa Lengser Apalagi Cuma Gubernur

Menurutnya, kerja sama lintas instansi, kementerian dan lembaga dilakukan untuk membawa Harun Masiku. "Bisa kepolisian melalui jalur Interpol, ada red notice yang bisa digunakan juga. Hal itu semua prosesnya itu dikerjasamakan," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan telah berkoordinasi dengan polisi dan Imigrasi Kemenkumham untuk melacak keberadaan Harun Masiku.

"Kami masih melakukan pencarian terhadap yang bersangkutan dan kami terus berupaya keras untuk menangkap yang bersangkutan. Kami sudah melakukan komunikasi dengan para pihak aparat penegak hukum dan pihak imigrasi Kemenkumham," ucap Firli di Jakarta, Senin (13/1/2020).


Editor : Kurnia Illahi