iNews TV Raih Penghargaan Jurnalistik TMMD 2019

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 20 Juni 2019 - 21:59 WIB
iNews TV Raih Penghargaan Jurnalistik TMMD 2019

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita bersama para pemenang Lomba Karya Jurnalistik TMMD 2019 di Mabesad, Jakarta, Kamis (20/6/2019). (Foto: Dispenad).

JAKARTA, iNews.id, - Stasiun televisi iNews meraih penghargaan jurnalistik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2019 yang digelar TNI Angkatan Darat. Lomba karya jurnalistik ini merupakan bentuk sinergi TNI dengan media massa dalam membangun negeri.

Penghargaan diraih jurnalis iNews, Sefnat Besie (wilayah Kodim 1618/Timur Tengah Utara). Karyanya yang berjudul “Program TMMD 104 Kodim 1618 Disambut Gembira Warga Desa Noepesu, NTT” menjadi pemenang III dalam kategori wartawan media elektronik.

Selain untuk jurnalis dari media elektronik maupun cetak/online, penghargaan jurnalistik TMMD juga diberikan untuk kategori Dantsatgas (Dandim) dan Pendam. Di kategori Dansatgas, pemenang I diraih Kodim 0721/Blora, peringkat II Kodim 1306/Donggala dan peringkat III Kodim 0418/ Palembang.

Adapun di kategori Pendam, sebagai juara 1 yakni Pendam IV/ Diponegoro. Peringkat 2 diraih Pendam V/Brawijaya dan peringkat 3 Pendam VI/Mulawarman.

Penghargaan kepada para pemenang lomba karya jurnalistik TMMD Reguler ke-104 Tahun 2019 tersebut diserahkan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di sela-sela kegiatan Rakornis TMMD ke-105 di Mabesad, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

“Lomba ini sudah berlangsung untuk ke sekian kalinya. Selain untuk pemberian informasi, lomba ini juga sebagai media transparansi kegiatan kepada rakyat dan pemerintah,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya.

BACA JUGA: TNI AD Bangun 6.000 Rumah, Wujud Sejahterakan Prajurit dan PNS

Candra menuturkan, beberapa kategori yang dibuat dalam lomba karya jurnalistik ini selain ditujukan kepada individu, juga secara khusus diberikan apresiasi kepada pemimpin media. TNI menyadari bahwa semua yang berkaitan dengan pemberitaan dapat terselenggara bukan hanya karena perorangan, namun juga kontribusi dari pimpinan maupun staf media.

Menurut Candra tingkat partisipasi media dalam mengamplifikasikan kegiatan TMMD 104 sangat luar biasa, bahkan untuk media online tercatat sampai puluhan ribu yang ikut berpartisipasi dalam LKJ tersebut.

“Setiap hari, kita terima ribuan berita, khususnya media online, baik dari media nasional maupun daerah. Ini menunjukkan bahwa media sangat berperan terhadap program pembangunan daerah tertinggal dan terpencil yang dilaksanakan dalam TMMD 104,” ucap Candra.

Hal yang sama juga pada media elektronik dan cetak. Menurutnya, mereka menyajikan berbagai berita menarik dan humanis yang berhasil mereka liput di lapangan. Bahkan di beberapa tempat, wartawan pun dengan sukarela menuju lokasi yang jauh dan berat hanya untuk menemukan dan menyajikan berita yang menarik dan inspiratif kepada publik.

Candra pun menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada seluruh wartawan dan pimpinan media yang turut peduli terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan yang digelar TNI AD bersama pemerintah dan instansi terkait lainnya.

“Oleh karenanya, LKJ TMMD yang rutin kita gelar ini dapat dikatakan sebagai program terobosan TNI AD dan Mitra Media untuk bersinergi dalam membangun negeri,” kata dia.

Dia melanjutkan, terhadap banyaknya karya jurnalistik yang masuk, panitia telah melakukan proses penilaian yang ketat dan independen. Pemenang ditentukan melalui penjurian yang dilakukan secara objektif dan transparan.

“Hadiah yang diberikan mungkin tidak lah terlalu seberapa besar. Namun dengan adanya LKJ ini, semoga tidak semata-mata dijadikan sebagai ajang kompetisi, namun lebih dari itu, yaitu untuk mewujudkan tekad bersama dalam bersinergi membangun negeri,” kata dia.


Editor : Zen Teguh