Info Gempa Berpotensi Tsunami Jadi Trending Topic di Twitter

Felldy Utama ยท Jumat, 02 Agustus 2019 - 21:10 WIB
Info Gempa Berpotensi Tsunami Jadi Trending Topic di Twitter

Tangkapan layar tentang informasi gempa magnitudo 7,4 di Banten yang dirilis BMKG. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 melanda wilayah Banten dan sekitarnya, Jumat (2/8/2019) pukul 19:03 WIB. Badan Meteorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun telah telah mengeluarkan informasi tentang sebaran daerah yang berpotensi terdampak tsunami pascagempa tadi.

Informasi mengenai potensi tsunami itu pun ramai diperbincangkan oleh warganet di media sosial (medsos), salah satunya di platform Twitter. Bahkan, tagar tsunami malam ini langsung menjadi paling populer di Indonesia dengan jumlah tweet mencapai 252.000-an pada pukul 21.20 WIB.

Salah satu pengguna Twitter, yakni akun @Zakariailyas, berbagi ceritanya usai mengalami guncangan gempa berkekuatan magnitudo 7,4 di kawasan Anyer, Banten. “Minta doa dan maaf teman-teman, kita lagi kerja di daerah Anyer. Info terakhir waspada potensi tsunami,” cuitnya sekitar dua jam lalu.

Sementara pemilik akun @nonopyy juga berbagi keresahannya tentang adanya informasi waspada potensi tsunami yang dikeluarkan BMKG. “Ya Allah, guys bantu doain ngga ada tsunami di Lampung. Takut banget,” katanya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menuturkan, gempa kali ini berpotensi tsunami. Peringatan dini pun telah dikeluarkan pihaknya sejak lima menit setelah kejadian gempa, yakni pukul 19.08 WIB.

Sampai saat ini, peringatan dini tsunami tersebut belum lagi dicabut oleh BMKG. “Perkiraan kami, tsunami (seharusnya) tiba pukul 19.35 WIB. Tapi karena faktor fenomena alam, dan sesuai SOP-nya, kita sebaiknya menunggu hingga 2 jam setelah 19.35 WIB, yaitu pukul 21.35 WIB,” tutur Dwikorita di Jakarta, Jumat (2/8/2019) malam.


Editor : Ahmad Islamy Jamil