Ini 9 Perwira Polri untuk Capim KPK, Termasuk Wakabareskrim Antam Novambar

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 20 Juni 2019 - 17:30 WIB
Ini 9 Perwira Polri untuk Capim KPK, Termasuk Wakabareskrim Antam Novambar

Daftar nama sembilan perwira Polri yang diseleksi sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Polri menargetkan seleksi internal tehadap sembilan Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan diselesaikan sehari sebelum pendaftaran ditutup, yakni pada 3 Juli 2019. Sembilan nama perwira tinggi Polri tercantum dalam surat lampiran yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Eko Indra Heri.

Sembilan nama itu, Wakil Kepala Bareskrim (Wakabareskrim) Irjen Pol Antam Novambar, Perwira Tinggi Bareskrim Irjen Pol Dharma Pongrekum, Widyaiswara Utama Sespim Lekdiklat Polri Irjen Pol Abdul Gofur dan Perwira Tinggi Bareskrim Brigjen Pol Muhammad Iswandi.

Kemudian, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto, Karosunluhkum Divkum Polri Brigjen Pol Agung Makbul, Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri Brigjen Pol Juansih dan Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani.

"Di sisi internal kita ada regulasi peraturan Kapolri tentang penugasan khusus. Artinya masih ada tahapan pemeriksaan administrasi secara internal tentang kompetensi, persyaratan lainnya, rekam jejak dan sebagainya. Nanti apabila sudah final akan kita sampaikan surat secara resmi kepada Pansel Capim KPK," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri Kamis (20/6/2019).

BACA JUGA:

Pansel Minta KPK Telusuri Rekam Jejak Calon Pimpinan KPK

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi Tolak Pansel Capim KPK Bentukan Jokowi

Menurutnya, dari sembilan nama itu akan diseleksi yang memiliki kompetensi, rekam jejak dan pengalaman tugas yang lebih khusus di bidang penegakan hukum. Setelah selesai seleksi internal, Polri akan mengirimkan surat kepada Pansel KPK.

"Karena tahapan pendaftaran sampai 4 Juli. Atinya masih cukup panjang waktunya. Makanya Polri melakukan pemeriksaan secara internal dulu, terhadap siapa-siapa saja Pati yang memenuhi persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi sebagai calon komisioner KPK," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi