Ini Bahaya Gunakan Hand Sanitizer Berlebihan

Felldy Utama ยท Senin, 30 Maret 2020 - 12:15 WIB
Ini Bahaya Gunakan Hand Sanitizer Berlebihan

Virus corona (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Cairan antiseptik dalam seperti hand sanitizer menjadi barang yang saat ini tengah dicari banyak masyarakat Indonesia. Cairan ini dianggap ampuh untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19 (Corona) yang kini tengah merebak di sejumlah wilayah Indonesia.

Ketua Tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan cairan antiseptik ini merupakan sebuah senyawa kimia yang berfungsi menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan tubuh. Salah satunya adalah dapat digunakan untuk mencuci tangan.

Dalam rangka pencegahan Covid-19 ini, Wiku mengimbau kepada masyarakat agar dalam penggunaan cairan hand sanitizer ini dapat dilakukan secukupnya saja.

"Hand sanitizer dapat digunakan, namun dengan penggunaan yang tidak berlebihan agar tidak menyebabkan iritasi kulit," kata Wiku, dalam jumpa persnya, di Graha BNPB, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar dalam penggunaannya harus memperhatikan aspek keamanan. Mengingat, cairan antiseptik ini merupakan senyawa kimia yang mudah terbakar.

"Harus hati-hati karena mengandung bahan yang mudah terbakar. Utamanya bagi yang perokok atau sedang bekerja di dapur," ujarnya.

Oleh karena itu, Wiku pun meminta agar penggunaan hand sanitizer ini sebagai opsi saja. Dia menyarankan untuk memprioritaskan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun saja.

"Sekali lagi, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah yang paling ampuh untuk membunuh virus, apabila tidak ada opsi gunakan hand sanitizer dengan bijak dan aman," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq