Ini Pertimbangan Jokowi Tanda Tangani Perpres Wakil Panglima TNI

Felldy Utama ยท Sabtu, 09 November 2019 - 13:31 WIB
Ini Pertimbangan Jokowi Tanda Tangani Perpres Wakil Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai TNI sebagai institusi yang besar. TNI membutuhkan manajemen yang mampu mengelola tugasnya dengan baik.

Jokowi berupaya mengoptimalisasi pengelolaan TNI yang anggotanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya dengan menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

"Ini mengelola sebuah manajemen yang besar. Coba, berapa TNI kita yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote?" ujar Jokowi di dikutip dari laman setneg.go.id, Sabtu (9/11/2019).

BACA JUGA:

Politikus PDIP Tanggapi Pidato Surya Paloh: Kita Diingatkan Kedewasaan Politik

Kongres NasDem, Surya Paloh Sentil Partai yang Mengaku Nasionalis & Pancasilais

Dia mencontohkan, Polri memiliki Kapolri dan Wakil Kepala Polri (Wakapolri). Kemudian, Kejaksaan Agung ada Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung serta BIN ada Kepala BIN dan Wakil Kepala BIN. "Iya kan?" katanya.

Menurutnya, usulan terkait jabatan wakil panglima TNI tersebut merupakan usulan yang sudah ada sejak lama. Sementara, proses penentuan siapa perwira tinggi yang dinilai tepat untuk menempati posisi Wakil Panglima TNI dia akan meminta usulan dari Panglima TNI.

"Itu sudah usulan lama tetapi untuk pengisian memang belum. Bisa minggu depan, bisa bulan depan, bisa tahun depan," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi