Ini Profil Calon Kajati, 3 Orang Pernah Tangani Kasus Jiwasraya

Irfan Ma'ruf · Rabu, 04 November 2020 - 10:13:00 WIB
Ini Profil Calon Kajati, 3 Orang Pernah Tangani Kasus Jiwasraya
Kantor Kejaksaan Agung. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menyaring enam orang calon kepala kejaksaan tinggi (kajati) yang telah lolos kualifikasi memiliki rekam jejak baik dan telah lulus dalam proses asesmen kompetensi. Tiga dari enam orang calon tersebut ialah jaksa di Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) yang menuntaskan kasus mega korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Ketiganya yakni Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus, Febri Ardiansyah, Direktur Penuntutan (Dirtut) Jampidsus, Ida Bagus Nyoman Wismantanu dan Direktur Eksekusi Jampidsus, M Rum. Ketiganya telah menorehkan catatan gemilang dengan menjebloskan enam para tersangka kasus Korupsi PT Asuransi Jiwasraya dengan hukuman seumur hidup.

Kemudian tiga lainnya yakni Direktur Pengawalan Pembangunan Strategis Nasional Jamintel, Idianto, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Mia Amiati, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, Raden Febrytriyanto.

Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi menerangkan, proses seleksi jabatan kajati berkualifikasi pemantapan telah dimulai sejak 10 Agustus lalu dengan diikuti oleh 26 jaksa yang berasal dari jabatan eselon II. Sebanyak enam calon kajati yang telah lolos hingga tahap ketiga.

"Bahwa peserta seleksi yang telah lolos sampai tahap ketiga sebanyak enam orang," kata Untung dalam keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

Selanjutnya, enam calon nantinya akan kembali dilakukan seleksi tahap terakhir. Seleksi akan dilakukan oleh tim penilai akhir yang terdiri dari Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Pembinaan, Jaksa Agung Muda Pengawasan, Ketua Komisi Kejaksaan, dan Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq