Isu 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos, Mendagri Tak Mau Berspekulasi

Aditya Pratama ยท Kamis, 03 Januari 2019 - 19:33:00 WIB
Isu 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos, Mendagri Tak Mau Berspekulasi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tidak ingin menduga-duga tentang siapa dalang di balik isu hoaks tujuh kontainer berisi surat suara sudah tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang viral belakangan ini.

Menurut dia, tidak dalam kapasitasnya untuk menduga-duga, apalagi menyeret Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief yang turut meramaikan isu tersebut melalui cuitan di laman media sosial Twitter, Rabu (2/1/2019) kemarin. Tjahjo lebih memilih menyerahkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

“Saya enggak tahu (siapa dalangnya), karena itu hak KPU mengajukan kepada kepolisian yang mengusut. Nanti adalah pihak kepolisian karena saya tidak punya alatnya, sumber pertama kali yang mengunggah yang bisa adalah pihak kepolisian, saya kan enggak tahu,” ujar Tjahjo di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2019).


Dia mengaku tidak tahu menahu siapa penyebar atau pembuat isu menyesatkan tersebut. Yang pasti, publik di Tanah Air dibuat heboh setelah rekaman suara yang menyebut tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos itu beredar di media sosial (medsos), kemarin.

“Siapa orangnya kami tidak bisa menuduh, itu haknya kepolisian setelah nanti kepolisian dengan caranya secara profesional akan mengungkap,” ucap mantan sekretaris jenderal PDIP itu.

Rabu (2/1/2019) kemarin, publik dihebohkan dengan kabar tentang tujuh kontainer berisi puluhan juta surat suara dalam keadaan sudah tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Namun, setelah melakukan pengecekan langsung ke lokasi yang dimaksud, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan kabar tersebut hanya hoaks alias tidak benar.

Editor : Ahmad Islamy Jamil