Jaga Ketat Distribusi, Polisi Pastikan Stok Obat Covid-19 Aman

Puteranegara Batubara ยท Jumat, 23 Juli 2021 - 15:57:00 WIB
Jaga Ketat Distribusi, Polisi Pastikan Stok Obat Covid-19 Aman
Ilustrasi Paket Obat Covid-19, Polisi memastikan distribusi aman (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Keluhan mengenai sulitnya memperoleh obat untuk membantu penanganan Covid-19 beredar di media sosial. Polri memastikan distribusi obat aman karena sudah dijaga ketat.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menyebut salah satu faktornya, yakni adanya penyaluran paket obat gratis dari Pemerintah melalui TNI kepada masyarakat. 

"Sejauh ini masih terkendali, apalagi Pemerintah melalui teman-teman dari TNI (Babinsa) menyalurkan targetnya 3 jutaan obat-obatan Covid-19 secara gratis," kata Agus saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Terkait permainan harga, kata Agus, polisi sudah melakukan pengawasan kepada seluruh pihak terkait terkait dengan distribusi obat-obatan tersebut. Mulai dari distributor hingga rumah sakit.

"Bahwa harga memang terjadi mekanisme hukum ekonomi, persediaan terbatas, mungkin yang perlu banyak maka harga naik, menurut saya melibatkan banyak pihak termasuk jaringan ke RS atau oknum Nakes, makanya kita lakukan langkah pengawasan, penyelidikan dan penindakan," ujar Agus. 

Oleh sebab itu, Agus menekankan, tindakan tegas akan dilakukan jika menemukan pelanggaran. "Penindakan yang menjual dengan harga diatas HET dan dilakukan oleh yang tidak berhak," tutur Agus.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: