Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Intensifkan Pantau Harga Komoditas

Annisa Ramadhani · Selasa, 24 April 2018 - 18:34:00 WIB
Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Intensifkan Pantau Harga Komoditas
Kepala Satuan Petugas (Satgas) Pangan, Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Kepala Satuan Petugas (Satgas) Pangan, Irjen Pol Setyo Wasisto, mengungkapkan rencananya memanggil seluruh lembaga atau kementerian terkait untuk melakukan koordinasi agar harga bahan makanan bisa tetap stabil menjelang Ramadhan tahun ini.

“Ya, besok saya akan mengundang seluruh kementerian lembaga terkait dengan Satgas Pangan,” kata Setyo di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Dia menuturkan, Satgas Pangan telah menginstruksikan semua pihak terkait untuk turut aktif menstabilkan harga komoditas agar tidak bergejolak naik saat Ramadhan tiba dan membuat konsumen resah. “Tadi saya laporin dalam forum juga beberapa komoditas dalam kondisi stabil, dalam artian konsumen mampu membelinya, harga tidak terlalu naik tinggi tapi sudah sesuai HET (harga eceran tertinggi),” ucapnya.

Kendati demikian, kata Setyo, masih ada produsen di beberapa wilayah yang menjual bahan pangan jauh di atas HET, antara lain Nusa Tenggara Timur (NTT). “Seperti di NTT. Mungkin itu disebabkan oleh transportasi yang jauh, jadi harganya di atas HET. Tetapi nanti akan kami lihat lagi, karena Satgas Pangan ini tugasnya memantau rantai distribusi agar tidak menyimpang. Kalau menyimpang akan kami tindak tegas,” ujarnya.

Setyo mengatakan, Satgas Pangan akan terus melakukan pengawasan terhadap para produsen agar tidak menjual komoditas di atas HET dan membebani masyarakat selama bulan suci Ramadhan. Apalagi, beberapa bahan pangan seperti gula pasir, minyak goreng, beras, bawang merah, dan bawang putih saat ini masih ada dijual di atas HET oleh produsen.

“Ada beberapa daerah harganya jauh di atas HET. Tapi ada juga di bawah HET. Jadi, ini cukup fluktuatif,” jelas Setyo.

Editor : Ahmad Islamy Jamil