Jelang Sidang Sengketa Pilpres di MK, Kominfo Pantau Media Sosial

Antara · Rabu, 05 Juni 2019 - 20:37 WIB
Jelang Sidang Sengketa Pilpres di MK, Kominfo Pantau Media Sosial

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus memantau konten di media sosial menjelang sidang Mahkamah Konstitusi (MK) tentang gugatan hasil Pilpres 2019. Namun belum dipastikan ada atau tidak pembatasan media sosial seperti sebelumnya.

Menkominfo Rudiantara juga tidak mengungkapkan, sejauh mana proses pemantauan tersebut. Dia hanya berharap tidak ada eskalasi negatif di dunia maya.

"Kami monitor terus. Kami berharap tidak ada eskalasi di dunia maya," ujar Rudiantara saat ditemui di acara silaturahmi Idul Fitri di kawasan Widya Chandra, Rabu (5/6/2019).

BACA JUGA:

Pemerintah Batasi Fitur Foto dan Video Media Sosial

Menkominfo: Pembatasan Medsos Dicabut jika Suasana Kondusif

Menurutnya, saat memberlakukan pembatasan akses ke sejumlah media sosial setelah aksi massa pada 22 Mei yang berubah menjadi kericuhan ditemukan 600-700 URL baru setiap hari menyebarkan konten negatif.

Pembatasan akses media sosial berlaku untuk unggahan dan unduhan konten foto dan video di beberapa platform media sosial selama 22-25 Mei.

"Bukan hanya hoaks, kalau hoaks itu berita tidak benar. Tapi juga (konten) yang sifatnya adu domba," ucapnya.

Rencananya, MK akan menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan atau sidang perdana sengketa pilpres pada 14 Juni 2019. Sidang pengucapan putusan sengketa Pilpres 2019 akan dilaksanakan pada 28 Juni 2019.


Editor : Kurnia Illahi