Jelang Sidang Sengketa Pilpres, Polisi Terapkan Rekayasa Lalin di Sekitar MK

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 19:34 WIB
Jelang Sidang Sengketa Pilpres, Polisi Terapkan Rekayasa Lalin di Sekitar MK

Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). (Foto: SINDO/Yulianto)

JAKARTA, iNews.id – Kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berkaitan dengan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6/2019). Kebijakan tersebut untuk mendukung keamanan dan pengamanan lembaga peradilan itu dalam menjalankan proses persidangan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi M Nasir mengatakan, rekayasa tersebut mulai diterapkan sejak Kamis (13/6/2019) malam ini. “Dalam rangka giat sidang PHPU di Gedung MK, ruas jalan akan ada pengalihan karena jalan ditutup,” ungkap Nasir di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Dia menuturkan, rekayasa lalu lintas akan diterapkan mulai pukul 22.00 WIB malam ini hingga saat proses sidang berlangsung. Hanya, kebijakan itu sifatnya situasional.

BACA JUGA: Kapolri Ucapkan Terima Kasih Atas Imbauan Prabowo Tak Demo saat Sidang MK

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menyatakan, pihaknya siap membantu aparat keamanan dalam penjagaan lalu lintas persidangan perdana PHPU di MK. Menurut dia, ada dua hal yang menjadi fokus Dishub DKI dalam menjaga lalu lintas sekitar kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, tempat Gedung MK berada.

“Pertama konsentrasi ke dukungan kepada kepolisian, khususnya jajaran Dirlantas Polda untuk melaksanakan manajemen dan rekayasan lalin,” ujar Sigit.

Yang kedua, kata dia, Dishub DKI memastikan mobilitas masyarakat tetap terlayani dengan baik, meski ada pemberlakuan rekayasa lalin saat persidangan perdana sengketa pemilu di MK. “Artinya, sedemikian rupa operasional angkutan umum, utamanya teman-teman dari Transjakarta, bisa tetap beroperasi dengan layanan yang sama. Artinya, jam layanan meskipun mungkin terjadi pengalihan rute dan sebagainya, itu kami sinergiskan,” tuturnya.

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung MK:

1. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah Harmoni.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan Jalan Perwira.

8. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Berikut daftar ruas jalan di sekitar Gedung MK yang ditutup:

1. Jalan Medan Merdeka Barat sisi timur dan barat
penempatan MCB barrier di depan Museum Gajah.

2 .Jalan Medan Merdeka Utara MCB Barrier di depan gedung Kemendagri.

3. Jalan Vetran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni.

4. Jalan Majapahit ujung Harmoni.

5. Jalan Abdul Muis arah utara di Jalan Tanah Abang 2.

6. Jalan Veteran 3 depan Bina Graha.


Editor : Ahmad Islamy Jamil