JK Harap KPU Jujur, Masyarakat Diminta Awasi Rekapitulasi Suara

Antara ยท Rabu, 17 April 2019 - 20:23 WIB
JK Harap KPU Jujur, Masyarakat Diminta Awasi Rekapitulasi Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta bekerja secara profesional, jujur, adil dan transparan. Selain itu, pasangan Capres Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno diminta bersabar menunggu penghitungan hasil pemungutan suara dari KPU.

"Kita semua mengharapkan KPU (bekerja) dengan baik, jujur, adil dan transparan," ujar Wapres Jusuf Kalla (JK), Jakarta, Rabu (17/4/2019).
 
Dia meminta kepada semua pihak ikut mengawasi proses rekapitulasi perolehan suara oleh jajaran KPU. Baik di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), kecamatan, kabupaten-kota, provinsi dan KPU.

"Kita harapkan kepada masyarakat untuk menerima hasil pemilu ini dengan sebaik-baiknya, tapi tetap mengawasi prosesnya yang baik," katanya.

BACA JUGA:

KPU: Selesaikan Sengketa Pemilu Sesuai Aturan

Prabowo Minta Pendukung Tenang, Jangan Terprovokasi Lembaga Survei

Penghitungan perolehan suara pileg dan pilpres di 809.563 TPS berlangsung selama dua hari sejak pemungutan suara, Rabu 17 April hingga Kamis, 18 April. Selanjutnya, rekapitulasi dilakukan bertahap mulai dari tingkat kecamatan 18 April hingga 4 Mei 2019.

Kemudian, kabupaten kota 22 April hingga 12 Mei, provinsi 22 April hingga 12 Mei dan berakhir di KPU pada 25 April hingga 22 Mei.  


Editor : Kurnia Illahi