Kecam Amerika

Jokowi Diharapkan Bikin Gebrakan di Forum OKI

iNews TV, Stefani Patricia ยท Jumat, 08 Desember 2017 - 15:49 WIB
Jokowi Diharapkan Bikin Gebrakan di Forum OKI

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews,id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta melakukan langkah konkret dalam mendukung Palestina setelah klaim sepihak Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Jokowi sebagai kepala negara dengan penduduk muslim terbesar, langkahnya dipercaya akan mengalahkan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pengamat politik Timur Tengah Faisal Assegaf mengusulkan, momentum sidang Organisasi Kerja sama Islam (OKI) dijadikan panggung oleh Jokowi untuk menunjukkan sikapnya soal Yerusalem. Bahkan, OKI bisa membalas deklarasi Trump dengan deklarasi sebaliknya.

Menurutnya, kecaman yang disuarakan para pemimpin dunia termasuk Jokowi saja tidak cukup. Dia mengatakan, forum OKI yang digelar pertengahan Desember mendatang perlu mengeluarkan deklarasi dukungan kepada Palestina.

"Kalau mau seimbang skor satu sama, deklarasi. Kalau OKI tidak berani sebenarnya saya berharap Presiden Jokowi, ini momentum. Bukan mengecam seperti Turki atau Raja Salman itu sudah sering dilakukan dan istilahnya enggak selevel deklarasi kepala negara dibalas dengan kecaman," ucap Faisal di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Dia meyakini, pernyataan Jokowi di sebuah forum internasional dapat meningkatkan moral warga Palestina. Menurutnya, klaim sepihak Trump soal Yerusalem menunjukan inferiornya para pemimpin negara muslim dalam membela Palestina.

"Mereka sebenarnya tidak punya kekuatan apa-apa dan tidak jujur dalam membela Palestina, tidak serius. Harusnya para pemimpin negara muslim termasuk Jokowi memberikan deklarasi Yerusalem adalah Ibu Kota Palestina dan kalau mau lebih putuskan hubungan diplomatik," ungkapnya.

Dia yakin, jika Jokowi berani menunjukkan keberpihakannya kepada Palestina di Forum OKI, maka gaungnya mengalahkan pernyataan Trump. Dia juga berharap, Jokowi diberikan kesempatan berpidato dalam momen tersebut.

"Momentum harus dimanfaatkan Jokowi, kalau dikasih kesempatan untuk berpidato, dia bikin gebrakan,' ucapnya.


Editor : Masirom Masirom