Jokowi Dorong Komisi Yudisial Tindak Tegas Pihak-Pihak yang Rendahkan Kehormatan Hakim

Raka Dwi Novianto ยท Rabu, 09 Maret 2022 - 11:05:00 WIB
Jokowi Dorong Komisi Yudisial Tindak Tegas Pihak-Pihak yang Rendahkan Kehormatan Hakim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Komisi Yudisial (KY) agar menindak tegas siapapun yang mencoba merendahkan kehormatan hakim. (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Komisi Yudisial (KY) agar menindak tegas siapapun yang mencoba merendahkan kehormatan hakim. Jokowi berharap KY dapat menyelesaikan masalah tersebut secara maksimal.

"Komisi yudisial harus memastikan agar setiap perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran hakim dapat diselesaikan semaksimal mungkin agar kewibawaan kehormatan dan keluruhan hakim serta kehormatan institusi peradilan selalu terjaga," ujar Jokowi dalam sambutannya pada Penyampaian Laporan Tahunan Komisi Yudisial tahun 2021 yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/3/2022).

Sebelumnya, Jokowi mengatakan Komisi Yudisial juga dituntut harus melayani dan menjawab pemenuhan hak-hak serta kepentingan masyarakat untuk mewujudkan independensi sistem peradilan untuk menegakkan hukum serta keadilan. 

"Karena itu pemerintah mendukung setiap langkah yang ditempuh Komisi Yudisial untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dengan menerapkan dan terus mengembangkan pelayanan digital seperti dalam rekrutmen hakim, laporan perilaku hakim, whistleblowing sistem, pengaduan online ke Komisi Yudisial juga dengan penggunaan aplikasi KY mobile di aplikasi layanan konten digital," kata Jokowi.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda