Jokowi: Lockdown Kewenangan Pemerintah Pusat, Saat Ini Belum Terpikirkan

Irfan Ma'ruf · Senin, 16 Maret 2020 - 15:52:00 WIB
Jokowi: Lockdown Kewenangan Pemerintah Pusat, Saat Ini Belum Terpikirkan
Dok Antara

BOGOR, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan belum berfikir untuk menerapkan kebijakan lockdown soal virus korona (Covid-19). Kebijakan lockdown adalah kewenangan pemerintah pusat.

"Sampai saat ini tidak ada kita berpikiran ke arah kebijakan lockdown," kata Jokowi saat konfrensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020).

Jokowi mengatakan kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah perlu menelaah secara mendalam terkait virus korona agar bisa menyelesaikan masalah. Kebijakan lockdown tidak boleh diambil pemerintah daerah.

"Perlu saya tegaskan yang pertama bahwa kebijakan lockdown baik di tingkat nasional maupun daerah adalah kebijakan pemerintah pusat. Kebijakan ini tidak boleh diambil Pemda," ucap dia.

Saat ini, sambung dia, mengimbau masyarakat mengurangi mobilitas ke luar rumah. Selain itu, masyarakat menjaga jarak dan mengurangi kerumunan orang.

"Sekarang ini yang paling penting yang perlu dilakukan adalah bagaimana kita mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain, menjaga jarak dan mengurangi kerumunan orang yang membawa risiko lebih besar pada penyebaran covid," kata dia.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq