Jokowi Minta Mahasiswa Difasilitasi Kembangkan Talenta, Jangan Dibebani Program Studi

Raka Dwi Novianto ยท Senin, 17 Januari 2022 - 15:36:00 WIB
Jokowi Minta Mahasiswa Difasilitasi Kembangkan Talenta, Jangan Dibebani Program Studi
Presiden Joko Widodo meminta kampus memberi fasilitas untuk talenta mahasiswa. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perguruan tinggi agar memfasilitasi para mahasiswanya untuk dapat mengembangkan talenta. Selain itu, Jokowi meminta agar mahasiswa tidak dibebani oleh banyaknya program studi. 

"Oleh sebab itu saya minta kepada pendidikan tinggi agar memfasiilitasi mahasiswanya untuk mengembangkan talentanya. Jangan dipagari oleh terlalu banyak program-program studi di fakultas," ujar Jokowi dalam acara Dies Natalis ke-67 Universitas Parahyangan, Senin (17/1/2022).

Menurut Jokowi, seharusnya para mahasiswa diberikan kesempatan belajar kepada siapapun dan dimanapun. Misalnya belajar langsung di perindustrian atau perbankan.

"Belajar di luar kampus itu akan sangat bagus sekali sesuai dengan yang sering disampaiman oleh Mendikbud mengenai kampus merdeka dan juga merdeka belajar," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan dimudahkannya mahasiswa untuk dalam mengejar talentanya menjadi salah satu faktor dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Sebab, kata Jokowi, nantinya semua akan beralih ke hybrid baik pengetahuan maupun kemampuan.

"Sehingga semua mahasiswa ke depan harus paham mengenai matematika, mengenai statistik, mengenai ilmu komputer, paham mengenai bahasa bukan inggris saja, tetapi bahasa coding akan lebih penting nantinya," kata Presiden.

Maka dari itu Jokowi mengatakan mempersiapkan SDM di era ekonomi digital menjadi sangat penting. Dan Mahasiswa harus siap dengan segala perubahan yang muncul di dunia.

"Ini yang menjadi tanggungjawab besar bagi Kementerian Dikbud untuk mempersiapkan ini dan kementerian-kementrian lain. Karena tanpa adanya SDM yang baik, saya ragu urusan ekonomi digital kita ini akan bisa melompat dan kuenya bisa kita ambil," kata Jokowi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: