Jokowi: Perpanjangan Izin FPI Masa Sampai Presiden, Urusan Menterilah

Okezone ยท Senin, 02 Desember 2019 - 19:56 WIB
Jokowi: Perpanjangan Izin FPI Masa Sampai Presiden, Urusan Menterilah

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga saat ini belum mengeluarkan perpanjangan izin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Front Pembela Islam (FPI). Salah satu alasan adalah masih dikajinya visi misi dan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) FPI yang memuat Khilafah Islamiah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan mengomentari soal perpanjangan SKT FPI. Mantan gubernur DKI Jakarta ini justru meminta wartawan menanyakan hal tersebut kepada menteri terkait.

"Perpanjangan (SKT FPI) masa sampai presiden. (Itu) urusan menterilah," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rahman mengatakan, masalah perpanjangan izin SKT FPI masih diurus Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Jadi, ini karena mereka Menko Polhukam, Menteri Dalam Negeri adalah pembantu presiden, semua hal bersifat teknis akan diserahkan kepada mereka," kata Fadjroel, Jumat, 29 November 2019.

Sedangkan Menko Polhukam Mahfud MD menerangkan belum diterbitkannya izin FPI karena masih ada permasalahan terkait AD/ART. "Ada permasalahan (AD/ART) sehingga tidak bisa dikeluarkan sekarang," katanya.

Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, belum terbitnya izin FPI karena adanya masalah visi dan misi FPI sebagaimana yang tertuang di dalam AD/ART ormas tersebut. Saat ini izin tersebut masih dikaji Kemenag meskipun FPI sudah membuat surat mengenai kesetiaan terhadap negara dan Pancasila.


Editor : Djibril Muhammad