Jokowi Tegaskan Pemberantasan Korupsi Harus Jadi Prioritas Utama

Ariedwi Satrio · Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:58:00 WIB
Jokowi Tegaskan Pemberantasan Korupsi Harus Jadi Prioritas Utama
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraannya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di Jakarta, Selasa (16/8/2022). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemberantasan korupsi harus terus menjadi prioritas utama para aparat penegak hukum. Polri, Kejaksaan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergerak dalam memberantas korupsi di negeri ini.

Salah satu bukti kongkret kasus besar korupsi yang telah dibongkar aparat penegak hukum, kata Jokowi, yakni terkait perkara di Jiwasraya, Asabri, hingga Garuda. Tiga perkara korupsi dengan kerugian negara yang tergolong besar itu berhasil dibongkar Kejagung.

"Pemberantasan korupsi juga terus menjadi prioritas utama. Untuk itu, Polri, Kejaksaan, dan KPK terus bergerak. Korupsi besar di Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda berhasil dibongkar, dan pembenahan total telah dimulai," kata Jokowi saat pidato dalam sidang sidang tahunan MPR RI di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Jokowi juga menjelaskan bahwa penyelamatan aset negara akibat tindak pidana korupsi terus dilakukan. Salah satu penyelamatan keuangan negara akibat korupsi yang hingga kini terus dikejar yakni berkaitan dengan kasus korupsi BLBI.

"Penyelamatan aset negara yang tertunda, seperti kasus BLBI, terus dikejar, dan sudah menunjukkan hasil,"ujarnya.

Tak hanya itu, Kepala Negara juga menyebut bahwa Skor Indeks Persepsi Korupsi dari Transparansi Internasional, naik dari 37 menjadi 38 di tahun 2021. Kemudian, Indeks Perilaku Anti Korupsi dari Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyatakan ada peningkatan dari 3,88 ke 3,93 di tahun 2022.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda