Jokowi Terus Gaungkan Tiga Kartu Sakti

Felldy Utama ยท Minggu, 24 Maret 2019 - 23:05 WIB
Jokowi Terus Gaungkan Tiga Kartu Sakti

Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) saat berkampanye terbutka perdana di Serang, Banten, Minggu (24/3/2019). (Foto: MNC Media)

SERANG, iNews.id - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) merancang perluasan peruntukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada 2020 nanti. Dia mengaku sudah menyiapkan penggunaan KIP bagi calon mahasiswa yang hendak kuliah di perguruan tinggi.

KIP nantinya, menurut dia, tidak lagi hanya ditujukan bagi peserta didik dari SD hingga SMA yang berasal dari keluarga tak mampu.

"Ini tiga jenis kartu yang akan diterbitkan, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah. Kan sudah ada KIP dari SD sampai SMA, tahun depan ada KIP Kuliah. Setuju? Siapa yang tidak setuju saya beri sepeda!" kata Jokowi berseloroh dalam kampanye terbuka perdananya di Serang, Banten, Minggu (24/3/2019).

BACA JUGA:

Jokowi: Kita Punya Ulama yang Paham Betul Unikorn

Kampanye Akbar di Kota Serang, Jokowi Ajak Pilih Baju Putih 17 April

Jokowi Kembali Minta Ribuan Pendukungnya Perangi Hoaks di Pilpres 2019

Tepuk tangan massa langsung membahana di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, tempat kampanye berlangsung. Massa juga dibuat terpingkal-pingkal oleh candaan Jokowi yang segar itu.

"Yang enggak setuju, ayo sini naik panggung. Nanti saya beri sepeda," canda Jokowi kembali. Tawa nasyarakat pun makin menjadi.

Berikutnya, Jokowi menambahkan, dirinya juga sudah menyiapkan Kertu Pra Kerja. Kartu itu ditujukan bagi lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang tengah mencari kerja.

Pemegang kartu itu nantinya tak hanya diberi pelatihan kerja, tapi juga honor dengan besaran tertentu sampai mendapat pekerjaan.

"Buat para lulusan sekolah, dengan kartu ini saudara-saudara akan dikasih pelatihan di BUMN, kementerian, dan Balai Latihan Kerja (BLK), di dalam dan luar negeri, akan ada pelatihan besar-besaran. Setelah di-training tentunya akan mudah mendapatkan pekerjaan. Kalau belum dapat kerja selama 6-12 bulan, dapat insentif honor. Setuju? Siapa yang tidak setuju saya beri sepeda!" tutur Jokowi yang kembali melontarkan candaan.

"Mau pak, mau....," teriak massa dengan wajah semringah.

Saat memperkenalkan kartu ketiga, teriakan histeris datang dari kelompok ibu-ibu. Kartu itu diberi nama Kartu Sembako Murah, disingkat KSM.

Keluarga pemegang KSM, akan mendapat potongan harga saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. "Untuk ibu-ibu, beli sembako dan minyak dibantu. Setuju? Siapa yang tidak setuju saya beri sepeda!" ucap Jokowi.

"Jokowi... Jokowi... Jokowi...," sahut kelompok ibu-ibu yang tampak kegirangan.

"Ini kartu bagus, tapi sekali lagi ini program baru kita yang akan kita laksanakan mulai tahun depan setelah kita melewati Pilpres 17 April," kata Jokowi.


Editor : Djibril Muhammad