Kajari Jaksel Bertemu Pengacara Djoko Tjandra, Kejagung Tak Temukan Pelanggaran Etik

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 22:45 WIB
Kajari Jaksel Bertemu Pengacara Djoko Tjandra, Kejagung Tak Temukan Pelanggaran Etik

Kejaksaan Agung RI. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyebut tak ada pelanggaran etik yang ditemukan saat Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Selatan, Anang Supriatna bertemu dengan pengacara buron terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Kejagung pun menghentikan penyelidikan kasus ini.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono mengatakan keputusan itu diambil setelah Kejagung memeriksa Anang Supriatna. Video pertemuan antara Anang dan Anita tersebar luas di media sosial.

"Berdasarkan hasil klarifikasi tidak ditemukan adanya bukti permulaan terjadinya pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, sehingga pemeriksaannya dihentikan," kata Hari melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Selain memeriksa Anang, Kejagung memutuskan hal tersebut setelah memeriksa sejumlah saksi terkait. Hari juga memastikan Kejagung menanyakan soal pertemuan itu saat memeriksa Anita.

"Yang diperiksa antara lain Kasi Pidsus, Kasi Intel, petugas piket, Jaksa Fahriani Suyuti, dan Anita Kolopaking," ujarnya.

Sementara itu Kejagung memberhentikan oknum jaksa bernama Pinangki Sirna Malasari dari jabatannya sebagai kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan. Keputusan itu diambil terkait foto Pinangki bersama Anita Kolopaking dan Djoko Tjandra yang viral.

Editor : Rizal Bomantama