Kantongi Foto Perjalanan dan Hasil Tes PCR Rombongan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Ada Kemajuan Signifikan

Martin Ronaldo ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 19:40:00 WIB
Kantongi Foto Perjalanan dan Hasil Tes PCR Rombongan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Ada Kemajuan Signifikan
Komnas HAM mengakui ada kemajuan signifikan terkait penyidikan kasus tewasnya Brigadir J. (Foto: MPI/Martin Ronaldo)

JAKARTA, iNews.id - Komnas HAM mengakui ada kemajuan signifikan terkait penyidikan kasus tewasnya Brigadir J yang terjadi di Rumah Dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo. Hal tersebut tentunya semakin memperkaya proses penyidikan yang dilakukan.

"Kami mendapat kemajuan yang cukup signifikan. Kenapa signifikan? Karena melengkapi keterangan yang sudah disampaikan minggu lalu oleh ADC (ajudan) lain," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Selain itu, dirinya juga mendapatkan bukti tambahan terkait hasil tes PCR yang dilakukan oleh petugas kesehatan. Dia menjelaskan pada pemeriksaan kali ini, petugas swab PCR tidak dapat memenuhi pemanggilan dari Komnas HAM.

"Soal kerangka waktu yang dikerjakan atau dilakukan oleh orang-orang tersebut, oleh pihak-pihak yang kami periksa," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam juga mengatakan telah mendapatkan informasi baru yang membuat penyidikan semakin kaya akan bukti dari insiden berdarah tersebut.

"Salah satu yang membuat ini kaya, terkait dengan apa yang terjadi di Magelang. Kami ditunjukkan dokumen foto, enggak bisa kami tampilkan, karena itu harus kita verifikasi terlebih dahulu dan kami juga diperkaya dengan cerita-cerita terkait di Magelang," kata Anam.

Menurutnya, dokumen tambahan tersebut merupakan kegiatan sang Jenderal bersama dengan ajudan-ajudannya selama perjalanan dari Jakarta menuju Magelang dan sebaliknya.

Diketahui, sejumlah ajudan dan asisten rumah tangga Irjen Ferdy Sambo datang ke Kantor Komnas HAM sekitar pukul 10.15 WIB hari ini, Senin (1/8/2022).

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda