Karangan Bunga Bergambar Jokowi-Ma'ruf Hiasi Acara Pelantikan Presiden

Felldy Utama, Aditya Pratama ยท Minggu, 20 Oktober 2019 - 12:17 WIB
Karangan Bunga Bergambar Jokowi-Ma'ruf Hiasi Acara Pelantikan Presiden

Karnagan bunga bergambar Jokowi-Ma'ruf di antara eskalator Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Pelantikan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024 tinggal hitungan jam. Jelang pelantikan, karangan bunga terus membanjiri Gedung MPR/DPR/DPD Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Tak hanya itu, sebuah karangan bunga superbesar bergambar presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-Ma’ruf menghiasi Gedung Nusantara. Karangan bunga tersebut tampak mencolok, seakan menyambut para tamu undangan.

Berdasarkan pantauan iNews.id, karangan bunga besar tersebut berada di lobi utama gedung Nusantara. Karangan bunga yang bergambarkan wajah Jokowi dan Maruf Amin ini terletak diantar eskalator yang akan mengantarkan para anggota dewan hingga tamu undangan acara pelantikan presiden.

Melihat lokasi penempatan karangan bunga besar ini sangat strategis, banyak dari staf atau karyawan kesetjenan MPR, hingga para tamu undangan yang sudah hadir menjadikan karangan bunga tersebut sebagai objek untuk mereka berswafoto (selfie).

Tak hanya itu, di lantai dua gedung Nusantara ini juga terdapat sejumlah ornamen-ornamen bunga yang juga bisa digunakan untuk para tamu untuk foto bersama sebelum atau sesudah prosesi acara pelantikan presiden.

Sementara itu di luar gedung MPR/DPR/DPD karangan bunga dari berbagai kalangan berjajar. Karangan bunga ini sudah datang sejak dua hari lalu.

Berdasarkan susunan acara, pukul 13.30 WIB pimpinan MPR hadir dan menunggu di ruang tunggu utama lantai dasar Gedung Nusantara. Berikutnya, sekitar pukul 13.40 hingga 14.10 WIB, kehadiran tamu kehormatan negara sahabat dan tamu undangan VVIP. Kemudian kehadiran presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin di Gedung Nusantara sekitar pukul 14.10 WIB.

Sekitar pukul 14.28 WIB, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin bersama Pimpinan MPR memasuki ruang sidang paripurna. “Pukul 14.30 WIB, Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024 dimulai,” ucap Kabiro Humas MPR, Siti Fauziah.

Sidang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. “Setelah itu pembukaan Sidang Paripurna oleh ketua MPR,” ujar Siti Fauziah. Agenda berikutnya pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh pimpinan MPR.

Setelah pembacaan keputusan KPU, dimulailah prosesi pengucapan sumpah presiden dan pengucapan sumpah wakil presiden pada pukul 14.56 WIB. Setelah pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Kemudian, pimpinan MPR menyerahkan berita acara pelantikan. Acara dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk wakil presiden dari Jusuf Kalla ke Ma’ruf Amin.

Selesai pengucapan sumpah dan pertukaran tempat duduk wakil presiden, pimpinan MPR kembali melanjutkan Sidang Paripurna MPR. Kemudian pimpinan MPR mempersilakan Presiden Joko Widodo membacakan pidato perdana sebagai presiden masa jabatan 2019-2024. Seusai presiden membacakan pidato, ketua MPR kembali melanjutkan Sidang Paripurna. Kemudian pembacaan doa.

Setelah pembacaan doa, ketua MPR menutup Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019 – 2024. Sidang Paripurna MPR diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada pukul 15.48 WIB, sidang paripurna MPR selesai.

Acara selanjutnya adalah foto bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla, dan pimpinan MPR, disertai dengan pemberian ucapan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih dari tamu undangan dan tamu kehormatan negara sahabat.

Editor : Zen Teguh