Kartini Perindo: Isu Perempuan Perlu Masuk Materi Debat Capres

Puspa Puspita ยท Senin, 14 Januari 2019 - 22:19:00 WIB
Kartini Perindo: Isu Perempuan Perlu Masuk Materi Debat Capres
Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo Ratih Gunaevy. (Foto: Okezone/dok).

JAKARTA, iNews.id – Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo Ratih Gunaevy menilai isu terkait perempuan dan anak penting untuk disisipkan dalam debat capres-cawapres pada Pemilu 2019. Perempuan memegang peran vital dalam pembangunan bangsa, terutama peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ratih mengingatkan, sejumlah kasus kekerasan hingga pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak terus meningkat setiap tahun. Fenomena ini semestinya disikapi dan menjadi komitmen dari kedua pasangan calon untuk dihentikan.

”Terlebih pada debat pertama, KPU (Komisi Pemilihan Umum) akan mengangkat isu hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Dalam kasus ini, kedua kandidat dapat memberikan perhatian terhadap sejumlah kasus HAM yang menimpa TKW di negara asing,” ujarnya, Senin (14/1/2019).

Ratih menjelaskan, isu perempuan juga penting karena dari segi politik, proporsi perempuan di parlemen Indonesia baru sekitar 19,8 persen.

Padahal, kedudukan perempuan di kursi legislatif menjadi salah satu bentuk pemberdayaan perempuan dalam rangka mencapai kesetaraan gender.

“Bukankah kita juga menargetkan terpenuhinya kuota 30 persen perempuan? Artinya, peran serta perempuan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia politik,” kata Ratih.

Menurutnya, isu terkait perempuan dan anak sangat banyak untuk bisa dibahas dan dituntaskan oleh pemerintahan selanjutnya.

Terkait hal tersebut, dia berpandangan perlindungan terhadap perempuan dan anak ke depannya dapat lebih terjamin melalui undang-undang yang berlaku.

“Siapapun yang akan menjadi presiden harus betul-betul memberikan porsi bagi kaum perempuan, menurunkan isu-isu perempuan dan anak yang masih melonjak,” ucapnya.

Editor : Zen Teguh

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda