Kasus Covid-19 Terus Bertambah, hanya 9 Daerah Terapkan PSBB

Sindonews, Binti Mufarida ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 15:07 WIB
Kasus Covid-19 Terus Bertambah, hanya 9 Daerah Terapkan PSBB

Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah, namun hanya 9 daerah yang sampai kini menerapkan PSBB. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.idDKI Jakarta menjadi satu-satunya provinsi yang hingga saat ini masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Selain Jakarta, terdapat 8 kabupaten/kota lainnya.

PSBB merupakan pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah untuk mencegah penyebaran penyakit atau kontaminasi Covid-19. DKI Jakarta memperpanjang lagi PSBB transisi dari 31 Juli hingga 13 Agustus lantaran kasus Covid-19 terus bertambah.

Menurut Satgas Penanganan Covid-19, kabupaten/kota yang masih menerapkan PSBB yakni Kota Tangerang yang mulai berlaku dari 18 April hingga 9 Agustus. Kemudian, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang yang berlaku dari 18 April hingga 9 Agustus.

“Selain itu, ada lima kota dan kabupaten di Jawa Barat yang masih ditetapkan sebagai daerah PSBB yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok. Kelimanya masih akan diberlakukan PSBB dari 2 Agustus hingga 16 Agustus,” bunyi siaran pers Satgas Penanganan Covid-19, Minggu (2/8/2020).

Penerapan PSBB diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk menjaga jarak fisik (physical distancing). Dengan demikian upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dapat berjalan efektif.

Editor : Zen Teguh