Kasus Dugaan Korupsi Bansos, Juliari Batubara Didakwa Terima Suap Rp32 Miliar

Arie Dwi Satrio ยท Rabu, 21 April 2021 - 11:05:00 WIB
Kasus Dugaan Korupsi Bansos, Juliari Batubara Didakwa Terima Suap Rp32 Miliar
Sidang Kasus Dugaan Korupsi Bansos (Foto: Arie Dwi)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara didakwa menerima suap sebesar Rp32 miliar dari para pengusaha yang menggarap proyek pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) untuk penanganan Covid-19. Uang suap itu diduga berkaitan dengan penunjukan sejumlah perusahaan penggarap proyek bansos Covid-19.  

Perusahaan yang diduga terlibat yakni PT Pertani, PT Mandala Hamonganan Sude dan PT Tigapilar Agro Utama.

"Padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ikhsan Fernandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

Jaksa Ikhsan membeberkan, uang sebesar Rp32 miliar itu diduga diterima Juliari Batubara melalui Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kemensos, Adi Wahyono, yang juga Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pengadaan Bansos Covid-19, Matheus Joko Santoso.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2