Kasus Meningkat, 1 Tower Isolasi di Wisma Atlet Dialihfungsikan untuk Perawatan

Dita Angga, Sindonews ยท Senin, 30 November 2020 - 21:03:00 WIB
Kasus Meningkat, 1 Tower Isolasi di Wisma Atlet Dialihfungsikan untuk Perawatan
Tower 4 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat mulai difungsikan Senin (21/9/2020) bagi pasien Covid-19 tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri. (Foto: Satgas Covid-19).

JAKARTA, iNews.id - Salah satu tower di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat dialihfungsikan untuk perawatan. Padahal selama ini satu tower di Wisma Atlet itu untuk isolasi mandiri pasien Covid-19.

Kepala Sekretariat Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kolonel Laut (K) dr RM Tjahja Nurrobi mengatakan awalnya di Wisma Atlet terdapat empat tower difungsikan untuk covid-19. Diantara tower 4 dan 5 untuk isolasi mandiri. Sementara tower 6 dan 7 untuk perawatan.

Namun dia mengatakan sejak seminggu lalu salah satu tower dialihfungsikan untuk perawatan karena adanya peningkatan jumlah kasus.

“Mengalihfungsikan salah satu tower yang biasanya dipakai untuk isolasi mandiri yaitu tower 4 untuk dipakai sebagai tower perawatan. Sehingga, saat ini kita menyiapkan tiga tower untuk perawatan yaitu 4,6,7. Sedangkan tower 5 tetap digunakan untuk isolasi mandiri,” katanya saat konferensi pers, Senin (30/11/2020).

Dia mengatakan saat ini keterisian di tower 5 yang berfungsi sebagai isolasi mandiri telah mencapai 80 persen. Sedangkan tower 4,6, dan 7 yang berguna sebagai perawatan pasien covid keterisiannya sudah mencapai 50 persen.

“Kalau sekarang flat isolasi mandiri itu kita masih 20 persen. Nanti kita akan fokuskan ke yang bergejala. Sementara yang tanpa gejala kita alihkan ke pademangan dan hotel-hotel yg sudah ditunjuk,” ujarnya.

“Sedangkan ketersediaan untuk gejala ringan dan sedang saja. Biasanya yang berat dan kritis kita rujuk ke rumah sakit rujukan. Sampai sekarang ketersediaan masih 50 persen. Namun ini harus tetap kita antisipasi. Namun bisa saja dalam waktu beberapa hari ke depan bisa langsung penuh,” tuturnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2