Kebersamaan Jokowi dan HT Bakal Berdampak Positif pada Perindo

Aditya Pratama ยท Selasa, 26 Maret 2019 - 04:09 WIB
Kebersamaan Jokowi dan HT Bakal Berdampak Positif pada Perindo

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) tampak rutin mendampingi calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) saat berkampanye di Serang, Banten, Minggu (24/3/2019). (Foto:Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Tahapan kampanye terbuka Pemilu 2019 resmi dibuka sejak Minggu (24/3/2019). Selama dua hari masa kampanye akbar itu berjalan, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) tampak rutin mendampingi calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi). Baik ketika berkampanye di Serang (Banten) di hari perdana, maupun di Banyuwangi (Jawa Timur) Senin (25/3/2019).

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan, kebersamaan yang terlihat antara Jokowi dan Hary Tanoesoedibjo akan berdampak positif bagi Partai Perindo. “Pemilih dan loyal voters Jokowi akan menjadikan Perindo sebagai salah satu partai koalisi yang akan mereka pilih, karena ada asosiasi kedekatan Jokowi dan HT yang menjadi daya magnet pemilih,” ucap Adi kepada iNews.id, Senin (25/3/2019).

Jokowi pun pernah menyampaikan pujian di hadapan ribuan kader partai berlambang rajawali itu dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perindo di Jakarta, pekan lalu. Ketika itu, Jokowi menyebutkan bahwa Perindo memiliki gerakan yang terstruktur dan matang. Mantan wali kota Solo itu juga mengatakan, elektabilitas Perindo mencapai 4,7 persen, menembus parliamentary threshold (ambang batas parlemen).

Oleh karena itu, Adi menuturkan, jika kebersamaan Jokowi dengan HT terus terjalin, peluang Perindo lolos parlemen akan semakin besar. “Semakin kebersamaan Jokowi dan HT terekspos ke publik, semakin besar pula peluang Perindo akan dipilih oleh rakyat yang selama ini memilih Jokowi,” ujarnya.

BACA JUGA: Dekat Selama Kampanye, Jokowi Disebut Nyaman dengan HT dan Perindo

Pada Minggu (24/3/2019) lalu, HT mendampingi kampanye terbuka perdana Jokowi di Serang. Bahkan, HT, Sekretaris Jenderal Ahmad Rofiq, dan pimpinan DPP Partai Perindo berjalan kaki sejauh 3,5 km menemani Jokowi. Mereka berjalan kaki dari alun-alun Barat Kota Serang menuju lokasi kampanye akbar di Stadion Maulana Yusuf.

Sementara, pada Senin (25/3/2019) kemarin, HT tampak mendampingi Jokowi dalam kampanye terbuka di Kabupaten Banyuwangi. Setelah itu, HT melanjutkan lawatannya ke Surabaya untuk menemui masyarakat bersama Partai Perindo.


Editor : Ahmad Islamy Jamil