Kecam Tindakan Habib Bahar, PKB: Tidak Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW

Aditya Pratama ยท Kamis, 20 Desember 2018 - 12:59:00 WIB
Kecam Tindakan Habib Bahar, PKB: Tidak Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW
Habib Bahar bin Smith (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id – Sejumlah tokoh memberikan tanggapan atas kasus dugaan penganiayaan yang menyeret Habib Bahar bin Smith. Salah satunya datang dari Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding. 

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai penahanan Habib Bahar di Polda Jawa Barat bukan kriminalisasi ulama. Namun murni tindak pidana dugaan penganiayaan yang sudah sepantasnya ada proses hukum.

“Hanya orang-orang dungu yang membiarkan dan membela pelaku kekerasan terhadap anak di bawah umur berkeliaran tanpa proses hukum,” kata Karding dalam keterangan, Kamis (20/12/2018).

Dia sangat mengecam tindakan penganiayaan terhadap anak-anak di bawah umur yang diduga dilakukan oleh Habib Bahar. Menurut dia, perbuatan tersebut tidak beradab dan tidak sesuai dengan ajaran agama Islam yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

“Tindakan Bahar menganiaya anak di bawah umur tidak sesuai dengan sunah Nabi Muhammad SAW yang berlemah lembut dalam memperlakukan anak-anak,” ucap dia.

Karding menuturkan, penganiayaan terhadap anak di bawah umur yang diduga dilakukan oleh Habib Bahar sangat mencoreng citra dakwah agama Islam yang damai dan penuh kasih sayang. Menurut dia, Habib Bahar telah gagal mewujudkan seruan-seruan dakwahnya agar umat meneladani Nabi Muhammad SAW.

“(TKN) mendukung proses hukum yang dilakukan Kepolisian terhadap Bahar agar memberi contoh kepada publik bahwa penganiayaan terhadap anak di bawah umur bukan saja perilaku tercela, tapi juga berbahaya yang bisa dilakukan siapa saja,” ujar dia.

Karding turut menyinggung kasus penghinaan terhadap Presiden Joko Widdo yang juga menyeret Habib Bahar di Polda Metro Jaya. Dia mengatakan, Jokowi sudah pasti memaafkan Habib Bahar.

“Tapi untuk kasus penganiayaan ini sudah sepatutnya proses hukum terhadap Bahar dilakukan. Barangkali ini balasan dari ucapan dan kelakuannya,” kata Karding.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto