Kecelakaan di Balikpapan, Pakar Soroti Kesalahan Sopir Lakukan Pengereman

Carlos Roy Fajarta ยท Jumat, 21 Januari 2022 - 13:17:00 WIB
Kecelakaan di Balikpapan, Pakar Soroti Kesalahan Sopir Lakukan Pengereman
Kecelakaan di Balikpapan (tangkapan layar CCTV)

JAKARTA, iNews.id - Pakar transportasi sekaligus dosen teknik sipil ITB, Sony Sulaksono, menyampaikan analisisnya terkait kecelakaan di lampu merah Muara Rapak, Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan, Kalimantan Timur. Menurut Sony, rem blong memang masalah klasik di truk-truk berat.

"Kecelakaan melibatkan kendaraan berat tidak bisa mengendalikan kendaraannya sehingga menyebabkan rem blong ini seringkali terjadi dan menjadi masalah klasik yang terus berulang," ujar Sony kepada MNC Portal, Jumat (21/1/2022).

Selain kualitas rem yang jelek, dia menilai kecelakaan truk seperti itu kerap terjadi karena sopir tidak bisa melakukan pengereman dengan baik. Hal itu disimpulkan saat dirinya pernah mengikuti rapat dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Kalau di jalanan turun tidak boleh main injak rem, akan terbakar, sehingga menyebabkan rem blong. Harusnya masuk ke gigi rendah, sehingga laju kendaraan ditahan perputaran mesin," kata Sony.

Melihat dari rekaman kamera CCTV milik, Sony melihat pengemudi supir truk tersebut melakukan pengereman dari awal. Sehingga remnya seperti terlihat blong dan truk menabrak semua kendaraan di depannya dengan dahsyat.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda