Kejagung Tegaskan JPU Punya Kewenangan Tahan PC

muhammad farhan ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 21:48:00 WIB
Kejagung Tegaskan JPU Punya Kewenangan Tahan PC
Putri Candrawathi sudah ditahan (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dapat melakukan penahanan terhadap tersangka pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Putri Candrawathi (PC). Hal ini dilakukan mengingat JPU memiliki kewenangan guna memudahkan proses persidangan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana saat proses pengungkapan kasus saat ini telah memasuki tahap II. 

Diketahui, saat ini berkas perkara tersangka pembunuhan Brigadir J dalam tahap penyerahan barang bukti dan para tersangka selain termasuk PC, yaitu Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR dan Kuat Ma'ruf.

"Penuntut Umum mempunyai kewenangan untuk melakukan penahanan sebagaimana penyidik, tidak harus sama, akan tetapi untuk mempermudah proses persidangan," ujar Ketut, Minggu (2/10/2022).

Ketut pun menjelaskan kewenangan tersebut diperlukan berdasarkan sejumlah tujuan dibalik proses pengungkapan perkara di meja hijau. Ia mengungkapkan, pihak kejaksaan berhak mengkhawatirkan adanya upaya tersangka untuk melarikan diri atau menghilangkan barang bukti perkara.

"Biasanya penahanan dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah menghadirkan terdakwa dalam proses pemeriksaan dipersidangan. Disamping untuk menghindari menghilangkan barang bukti, mempengaruhi saksi2 dan melarikan diri," ujarnya.

Ihwal proses tahap II yang akan dimulai pada Senin besok, 3 Oktober 2022, menurut Ketut, akan menjadi penentuan apakah JPU hendak memutuskan untuk menahan PC.

"Kemungkinan Penuntut Umum akan mengambil opsi untuk menggunakan kewenangan penahanan, kita lihat nanti pada hari Senin," kata Ketut.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut tidak ada masalah terkait koordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk proses pelimpahan barang bukti dan tersangka atau tahap II kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Koordinasi dengan kejaksaan saya kira sudah berjalan ya dari beberapa waktu yang lalu, semuanya lancar, tidak ada masalah. Jadi tinggal kita tentukan sekali lagi untuk masalah waktu apakah hari Senin atau hari Rabu," ujar Listyo di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Sabtu (1/10/2022). 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda