Kelompok Milenial 01 dan 02 Gelar Acara Bersama, Erick dan Sandi Bakal Hadir

Aditya Pratama ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 18:07 WIB
Kelompok Milenial 01 dan 02 Gelar Acara Bersama, Erick dan Sandi Bakal Hadir

Dua kelompok milenial, yaitu KitaSatu (dari kubu Jokowi) dan Gerakan Milenial Indonesia atau GMI (dari kubu Prabowo) sepakat mengadakan acara kolaboratif di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id – Kelompok milenial pendukung Joko Widodo–Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto–Sandiaga Uno akan mengadakan acara bersama bertajuk “Young Penting Indonesia” di Kemang Village, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019). Menurut rencana, mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, hadir dalam acara itu.

Dua kelompok milenial, yaitu KitaSatu (dari kubu Jokowi) dan Gerakan Milenial Indonesia atau GMI (dari kubu Prabowo), adalah relawan milenial yang aktif mendukung masing-masing paslon pada Pilpres 2019. Kini, kedua kelompok itu sepakat untuk membangun kolaborasi.

Wakil Direktur Penggalangan Pemilih Muda TKN Jokowi-Ma’ruf, Arief Rosyid mengatakan, dalam momentum pilpres yang lalu, generasi milenial di kedua kubu telah menunjukkan peran penting. Para milenial berhasil menjadi vote-getter (peraup suara) yang signifikan bagi masing-masing pasangan kandidat.

“Kita lihat, dari mulai pilihan isu dan program yang dibawa masing-masing calon, hampir semua berkisar di isu-isu terkait milenial. Baik di pasangan 01 maupun 02. Penggerak kampanye kreatif di kedua kubu juga adalah generasi milenial. Peran mereka sangat dominan,” ujar Arief di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

Dia mengatakan, walaupun dua kelompok milenial ini sempat berbeda pandangan politik, pada dasarnya mereka semua memiliki kepentingan yang sama. Mereka punya misi untuk menggeser peran milenial dari sekadar objek suara, menjadi subjek yang ikut menentukan perubahan.

“Milenial ingin segera mengakhiri rivalitas pilpres. Kita perlu bergerak dari tahapan kompetisi ke tahapan kolaborasi, sama-sama membangun bangsa,” kata Arief.

BACA JUGA: Sandiaga Uno: 2019 Bukan Ganti Presiden, tapi Jadi Pengusaha

Dia pun memastikan Erick Thohir maupun Sandi akan hadir pada acara besok. “Alhamdulillah confirm (menyatakan kesediaan hadir). Saya baru pulang dari Solo bareng Bang Erick, beliau terus memastikan (hadir), dan alhamdulillah Bang Sandi juga sudah confirm,” ungkapnya.

Dengan adanya acara besok, mantan ketua umum PB HMI itu ingin merealisasikan keinginan seluruh pihak terkait rekonsiliasi antarkedua belah pihak. Menurut dia, baik Sandi dan Erick Thohir sangat mendukung niatan kedua kelompok milenial itu.

Sementara Koordinator Nasional GMI, Sasha Tutuko menuturkan, generasi muda Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat lebih diasah melalui berbagai kolaborasi. “Acara kolaborasi ini dilakukan sebagai usaha menjaga persaudaraan dalam politik. Kami menghargai aspirasi teman-teman sesama pendukung. jadi dengan acara ini tidak perlu mengubah posisi masing-masing. Dalam demokrasi kan ada mekanisme check and balance,” ucapnya.

Sasha menuturkan, dia bersama anggota GMI lainnya sepakat bahwa berbeda pilihan politik tidak berarti harus bermusuhan. Karena itu, GMI berharap dengan terlaksananya kolaborasi dengan kelompok 01, ke depannya bisa menjadi teladan kedua belah pihak untuk tetap harmoni dalam melampaui perbedaan.

“Seperti pesan Bang Sandiaga Uno, pembina kami, anak muda harus dapat bekerja sama membangun negeri ini dengan semangat persatuan Indonesia. Perbedaan yang ada, jangan sampai merusak persaudaraan di antara generasi muda,” kata Sasha.


Editor : Ahmad Islamy Jamil