Kemendagri: Perpanjangan Izin FPI Ditentukan Tim Pembinaan Lintas Kementerian

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 26 November 2019 - 16:33 WIB
Kemendagri: Perpanjangan Izin FPI Ditentukan Tim Pembinaan Lintas Kementerian

Kepala Pusat Penerangan (Kaspuspen) Kemendagri, Bahtiar. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut, perpanjangan izin Front Pembela Islam (FPI) ditentukan Tim Pembinaan Lintas Kementerian. Tim tersebut berada di bawah komando Kementerian Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan (Kemenko Polhukam).

Kepala Pusat Penerangan (Kaspuspen) Kemendagri, Bahtiar mengungkapkan, saat ini perpanjangan izin FPI masih dikaji tim yang beranggotakan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Itu masih akan dibahas dengan Kemenko Polhukam. Jadi kan sudah ada tim pembinaan ormas lintas Kementerian, jadi ada Kemendagri, Kemenag, lalu ada pihak keamanan yang di bawah Kemenko Polhukam," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Soal diperpanjang atau tidak, Bahtiar mengatakan, tim tersebutlah yang bakal menentukan kelayakan izin FPI. Dia menyebut perkembangan FPI baiknya ditanyakan kepada Menko Polhukam Mahfud MD.

"Nanti yang rumuskan tim dan nanti hasil putusan tim lah yang menjadi dasar kita menentukan apakah diberikan atau tidak (perpanjangan izin FPI). Yang tentukan tim ya. Yang tadi," ujarnya.

Saat ditanya soal kapan tim tersebut mengumumkan, Bahtiar tidak menjawab secara tegas. Dia hanya menyebut pihaknya menunggu undangan dari Menko Polhukam Mahfud MD soal pengumuman izin FPI.

"Kita tunggu saja ya. Kemarin kan ketemuan di Polhukam ditunda. Lalu belum ada undangan lagi. (Akhir tahun) belum tahu. Kita tunggu saja. Nanti kita kabari," tuturnya.


Editor : Djibril Muhammad