Kemhan: Latihan Dasar Militer Komponen Cadangan Dimulai setelah Idul Fitri

Antara ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 01:12 WIB
Kemhan: Latihan Dasar Militer Komponen Cadangan Dimulai setelah Idul Fitri

Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kemhan Bondan Tiara Sofyan. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertahanan (Kemhan) akan membuka pendaftaran program latihan Komponen Cadangan (Komcad) bagi masyarakat. Pelatihan Komcad digelar sesuai amanat yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kemhan Bondan Tiara Sofyan mengatakan, sosialisasi bisa dimulai Maret 2020. Sementara Latihan Dasar Militer (Latsarmil) dimulai setelah Idul Fitri 2020.

"Dalam sistem pertahanan negara kita akan ada komponen cadangan untuk pertama kalinya diatur secara legal memiliki dasar hukum kuat dan akan dioperasionalkan," ujar Bondan di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menurutnya, sosialisasi pendaftaran Komcad akan gencar dilakukan melalui media sosial. Dia berharap masyarakat, terutama kalangan muda banyak tertarik mengikuti program pelatihan ini.

"Kita masuk ke anak-anak milenial kan lewatnya semua medsos. Indonesia memanggil untuk komponen cadangan kira-kira begitu," ucapnya.

Dia menuturkan, proses rekrutmen Komcad dibuka secara sukarela dan memiliki syarat-syarat tertentu untuk dipenuhi oleh peserta. Salah satunya batasan usia 18-35 tahun.

"Komcad itu bukan wajib militer. Komcad adalah untuk memperkuat komponen utama yakni TNI. Komcad bukan wamil," katanya.

Editor : Kurnia Illahi