Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa Ampuh Melawan Ancaman

Riezky Maulana · Kamis, 19 November 2020 - 18:04:00 WIB
Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa Ampuh Melawan Ancaman
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo. (Foto: BPIP).

JAKARTA, iNew.id – Kerja sama komponen bangsa Indonesia terbukti ampuh melawan berbagai ancaman dan krisis yang menimpa dari masa penjajahan hingga 75 tahun bangsa ini merdeka. Pesan ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Haedar dalam pidato peringatan Milad ke-108 Persyarikatan Muhammadiyah, Rabu (18/11/2020), mengungkapkan, masalah bangsa tidak bisa dihadapi sendirian oleh salah satu komponen bangsa. Karena itu, seluruh komponen bangsa harus bersatu.

“Diperlukan kerja sama dan pembagian tugas dalam menyelesaikan masalah bangsa sesuai dengan posisi dan peran masing-masing dalam jalinan kebersamaan, sinergi, dan persatuan nasional,” kata Haedar.

Menurut dia, sejak awal berdiri pada 18 November 1912, Muhammadiyah selalu berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan masalah bangsa bersama dengan komponen bangsa lain.

Gerakan yang menyangkut kepedulian terhadap bangsa oleh Muhammdiyah sudah mencakup banyak bidang dari mulai pendidikan, kesehatan dan sosial, hingga 121 komunitas Muhammdiyah di luar negeri pun sudah terbentuk.

Menanggapi hal ini Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menyetujui dan mengungkapan hal senada. Menurut dia, seruan PP Muhammadiyah ini sangat tepat untuk semua elemen bangsa berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

“Seruan PP Muhammadiyah tentang kolaborasi menghadapi masalah bangsa sangat tepat dan harus menjadi kesadaran anak bangsa dalam menghadapi problem global dan dunia yang sangat berat bagi bangsa ini,” kata Benny.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3