Ketua Bawaslu: Media Berperan Penting Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 05:00 WIB
Ketua Bawaslu: Media Berperan Penting Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Direktur Pemberitaan MNC Media Ray Wijaya (kiri) bersama Ketua Bawaslu Abhan di kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (3/12/2019). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf).

JAKARTA, iNews.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menilai peran media sangat penting dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Media mampu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat secara masif.

Abhan memandang, dalam meningkatkan kualitas demokrasi terutama pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, diperlukan sinergi semua komponen, baik masyarakat maupun stakeholder terkait termasuk media. Media diyakini akan memberikan edukasi politik yang baik demi suksesnya pesta demokrasi itu.

"Media punya peran memberikan sosialisasi pada publik dengan menyampaikan pemberitaan yang edukatif sebagai pendidikan politik pada masyarakat," katanya saat menerima audiensi iNews di kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dalam konteks menyosialisasikan pendidikan politik itu pula Abhan mengajak media untuk berperan serta meningkatkan kualitas demokrasi, salah satunya dengan menekan politik uang. Menurut Abhan, politik uang merusak sendi-sendi demokrasi Indonesia.

Merespons hal tersebut, Direktur Pemberitaan MNC Media Ray Wijaya menuturkan, peran media dalam pelaksanaan pemilu tidak lepas dari fungsi edukasi. Media bertugas menyampaikan pelajaran politik kepada masyarakat.

Menurut Ray, MNC Media akan ikut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan yang dapat menunjang kualitas demokrasi pada 2020 mendatang. MNC Media secara khusus akan menyiapkan program dengan tema 'Pemilu Rakyat 2020'.

"Kami sudah berpengalaman, karena ini bukan tahun pertama. Ini tahun ketiga membuat kegiatan yang besar. Tahun kemarin saja kita menjadi media dengan jaringan media yang besar," kata dia.

Ray menambahkan, dengan jangkauan luas dan semua platform media telah ada, MNC Media memastikan setiap kegiatan akan bermanfaat dengan baik.

"Jadi rasa rasanya tinggal pelaksanaan saja. Nah, kenapa kami datang (ke Bawaslu) karena pada 12 Desember ini akan menjadi penanda bahwa kegiatan besar Pemilu di 2020 dimulai di MNC Media," tuturnya.


Editor : Zen Teguh