Ketua KPK Ingatkan Kepala Daerah Tidak Korupsi karena Desakan Donatur Pilkada

Dita Angga ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 16:31:00 WIB
Ketua KPK Ingatkan Kepala Daerah Tidak Korupsi karena Desakan Donatur Pilkada
Ketua KPK Firli Bahuri memberi pembekalan kepada kepala daerah yang terpilih di Pilkada 2020. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) menyelenggarakan pembekalan bagi bupati/walikota dan wakil bupati/wakil wali kota hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020. Salah satu pembicara yang memberikan pembekalan yaitu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Pada kesempatan itu Firli menyampaikan peran seorang kepala daerah. Mulai dari mewujudkan tujuan negara hingga menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional.

“Peran penting kepala daerah antara lain mewujudkan tujuan negara, menjamin stabilitas politik dan keamanan, menjamin keselamatan masyarakat dari gangguan bencana dan pertumbuhan ekonomi, menjamin kemudahan investasi dan perizinan berusaha serta menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional”, katanya dalam pembekalan yang dilaksanakan virtual, Kamis (10/6/2021).

Selain itu, Firli menyebut dalam menjalankan tugasnya kepala daerah akan menghadapi banyak godaan. Salah satunya dari pihak-pihak yang merasa jadi donatur saat Pilkada.

Menurutnya 82,3 persen calon kepala daerah dan wakil kepala daerah menyatakan adanya donatur dalam kontestasi Pilkada serentak.

“Donatur ini berharap kemudahan perizinan berbisnis, kemudahan tender proyek lelang pemerintahan, keamanan dalam menjalankan berbisnis, mendapatkan prioritas bantuan langsung,” katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2