Ketua MPR Minta Pemda dan Polda Larang Pengumpulan Massa saat Kampanye Pilkada

Felldy Utama ยท Senin, 21 September 2020 - 13:58 WIB
Ketua MPR Minta Pemda dan Polda Larang Pengumpulan Massa saat Kampanye Pilkada

Ketua MPR, Bambang Soesatyo. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah daerah (pemda) dan Polda diminta menggunakan wewenangnya untuk melarang semua kegiatan pengumpulan massa saat kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020. Salah satunya konser musik di ruang publik.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, larangan tersebut untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Semua institusi negara dari tingkat pusat hingga daerah diminta menyeragamkan sikap dalam merespons situasi darurat wabah Covid-19.

"Kegiatan kampanye dengan mengerahkan massa, menyelenggarakan konser musik, pentas seni budaya hingga aneka lomba di ruang publik berpotensi melanggar protokol kesehatan di masa pandemi saat ini," ujarnya di Jakarta, Senin (21/9/2020).

Politikus Partai Golkar yang biasa disapa Bamsoet ini menuturkan, mulai 26 September hingga 5 Desember 2020 aktivitas kampanye pilkada mulai marak di 270 daerah pemilihan. Meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Menurutnya, semua kegiatan persiapan Pilkada Serentak 2020, termasuk kampanye harus mematuhi protokol kesehatan. "Pemda dan Polda harus bersikap tegas dengan tidak menerbitkan izin untuk aktivitas apa pun yang berpotensi melanggar protokol kesehatan," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi