Klarifikasi Komjen Pol Iriawan Diperiksa Satgas Kasus Novel Baswedan

Antara ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 13:34 WIB
Klarifikasi Komjen Pol Iriawan Diperiksa Satgas Kasus Novel Baswedan

Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Mochamad Iriawan. (SINDOphoto).

JAKARTA, iNews.id - Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Mochamad Iriawan mengakui pernah bertemu Satuan Tugas (Satgas) kasus Novel Baswedan. Pertemuan tersebut dua bulan lalu di kantornya, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Dia membantah dalam pertemuan itu diperiksa terkait kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Pertemuan tersebut sebatas klarifikasi.

"Bukan diperiksa, tetapi ngobrol. Kalau diperiksa itu kan di-BAP, tetapi pertemuan saya dengan TGPF (Satgas) tidak ada pemeriksaan," ujar Iriawan dalam siaran pers, Minggu (14/7/2019).

BACA JUGA:

Satgas Kasus Novel Akui Telah Periksa Komjen Pol M Iriawan

Satgas Kasus Novel Baswedan Mengaku Sudah Periksa Jenderal Bintang Tiga

Sekretaris Utama (Sestama) Lemhanas itu mengatakan, tidak terkait kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. Dia juga mengaku tidak mengetahui pelaku penyiraman air keras pada wajah Novel.

"Saya enggak tahu apa-apa tentang pelaku penyiraman Novel apalagi tahu pelakunya. Saya enggak ada sangkut-paut dengan kasus ini. Mungkin TGPF, merasa saya tahu kasusnya Novel, saya bilang nggak tahu," ucapnya.

Sebelumnya Satgas kasus Novel Baswedan bentukan Kapolri memastikan telah memeriksa Komjen Pol Mochamad Iriawan. Jenderal polisi bintang tiga itu diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Kapolda Metro Jaya saat terjadinya penyiraman air keras terhadap Novel.

Anggota Satgas Kasus Novel, Hendardi menuturkan, dia ingin meluruskan kabar terkait pemeriksaan Satgas terhadap Iriawan. “Untuk menepis berbagai isu bahwa betul Komjen Iriawan kami periksa di dalam konteks beliau sebagai kapolda, dan hubungannya tentu saja dengan Novel,” kata Hendardi di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2019).


Editor : Kurnia Illahi