Kominfo Konfirmasi Penyebab Gangguan WhatsApp, Facebook dan Instagram

Ilma De Sabrini ยท Minggu, 14 April 2019 - 20:01 WIB
Kominfo Konfirmasi Penyebab Gangguan WhatsApp, Facebook dan Instagram

Ilustrasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (Foto: Kominfo.go.id).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengonfirmasi pihak WhatsApp, Instagram dan Facebook Indonesia. Konfirmasi tersebut terkait gangguan ketiga aplikasi media sosial (medsos) itu sejak sore tadi.

Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengaku belum mengetahui apa penyebab gangguan tersebut. Sampai saat ini dia masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak WhatsApp dan Instagram Indonesia.

"Ada masalah dari jam 16.20 WIB tadi aplikasi Instagram dan WhatsApp mengalami down. Tadi kami sudah inbox (kirim pesan) via Facebook. Hingga saat ini masih belum ada balasan dari pihak Instagram dan Facebook Indonesia," ujar Ferdinandus ketika dkonfirmasi iNews.id melalui telepon, Minggu (14/4/2019).

BACA JUGA: Instagram, WhatsApp dan Facebook Down di Seluruh Negara

Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami gangguan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ketiga aplikasi media sosial ini tidak dapat diakses dengan feed berita terbaru (penyegaran).

Dilansir dari The Verge, Minggu (14/4/2019), pesan WhatsApp tidak dapat dikirim atau diterima. Para pengguna Facebook pun berbagi masalah ini di Twitter.

Pada bulan lalu, Facebook, WhatsApp dan Instagram tidak dapat diakses selama berjam-jam. Tak berselang lama akhirnya Facebook memberikan penjelasan.

Facebook mengungkapkan gangguan terjadi  akibat perubahan konfigurasi server, dan meminta maaf kepada seluruh pengguna.


Editor : Kurnia Illahi